Rabu, 26 Januari 2011

Mencintai Kimia

Selamat pagi!

Semoga hari ini menjadi hari yang baik bagi kita semua. Setelah membuka beberapa blog di bidang lain, akhirnya saya memutuskan untuk membuat blog yang sebidang dengan saya, yaitu kimia. Agak susah mencari alamat blogspot yang masih tersedia untuk blog setipe ini, namun akhirnya ketemu satu yang masih tersedia. Maka jadailah blog ini. Mengapa saya memilih alamat ini adalah karena saya ingin menunjukkan seberapa enaknya mempelajari kimia. Karena segala yang terlihat di alam ini adalah bagian dari domain kimia, termasuk pula manusia.

Oke, sekarang bagaimana caranya agar kita mencintai kimia ini? Saya membayangkan banyak yang bakal bergidik atau ngeri kalau mendengar nama ini. Banyak yang akan melihat sisi susahnya dan bahayanya ketimbang sisi positifnya. Padahal tanpa bidang ilmu yang "menakutkan" ini, tidak akan ada penemuan luar biasa di bidang farmasi dan kedokteran. Untuk mencintai kimia, kita mulai dari mengenalinya terlebih dulu. Anggaplah kimia adalah sosok misterius namun menyimpan daya tariknya tersendiri. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Mengapa memakan ikan berformalin bisa berbahaya dan bahkan menimbulkan kematian?
  • Mengapa kantong plastik kresek tidak baik digunakan menyimpan makanan berkuah dan panas?
  • Bagaimana sabun bisa membersihkan kotoran di tubuh?
  • Mengapa kita bisa merasakan emosi?
Pertanyaan-pertanyaan di atas memang berada di dekat kita dan adalah keseharian kita. Kimia adalah keseharian kita. Segala yang terjadi di alam ini adalah proses kimia. Mungkin terlihat kompleks, namun sebenarnya mudah dijelaskan. Yang penting dicoba dulu.

Belajar kimia itu enak! Jadi nggak usah ditakuti. Sampai jumpa berikutnya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar